Wisata Ambarawa, 9 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Ambarawa - Bila anda tengah liburan ke Semarang, tak ada kelirunya bila bertandang ke daerah pinggir Selatan Semarang. Satu daerah di Semarang yang memiliki banyak destinasi berlibur menarik yang dapat anda jelajahi, yakni Ambarawa.

Ambarawa sendiri adalah satu Kecamatan yang masuk dalam lokasi Kabupaten Semarang. Daerah ini populer dengan sejuknya udara karna ada di daerah pegunungan. Tidak sama dengan cuaca di Kota Semarang, begitu panas waktu siang hari.

wisata ambarawa


Di bawah ini sebagian tempat wisata di Ambarawa Jawa Tengah yang layak untuk dikunjungi waktu tengah ada di kota ini.

Tempat Wisata di Ambarawa untuk Berlibur Akhir Pekan

1. Candi Gedong Songo 

Semarang memanglah menaruh banyak tempat berpeninggalan histori yang butuh menarik untuk kita kunjungi, satu diantaranya yakni Candi Gedong Songo di Dusun Darum, Desa Candi. Candi Gedong Songo ini ada di lereng Gunung Ungaran sisi selatan. Lumrah bila pengunjung nanti bakal rasakan situasi sejuk khas pegunungan.

Satu tempat wisata histori yang begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara. Sesuai sama namanya, Gedong Songo yang bermakna ada 9 bangunan candi yang menyebar ditempat ini. Terkecuali lihat peninggalan candi dahulu kala, kita dapat juga rasakan sejuknya udara pegunungan serta indahnya pesona alam.

Alamat : Desa Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

2. Rawa Pening 

Obyek wisata alam ini begitu sama dengan kota Semarang, Rawa Pening namanya. Satu danau yang mempunyai luas sekitaran 2. 670 ha. Danau ini sendiri terdapat diantara 4 Kecamatan di Kabupaten Semarang, yakni Ambarawa, Bawen, Tuntang, serta Banyubiru.

Pengunjung yang mendatangi tempat ini bakal lihat birunya danau dihiasi dengan adanya banyak tanaman enceng gondok di tiap-tiap sudutnya. Banyak tanaman enceng gondok yang ada di tiap-tiap pojok danau di nilai begitu mengganggu kenyamanan. Walau demikian, banyak orang-orang yang memakai tanaman itu untuk bikin kerajinan tangan supaya dapat memperoleh rupiah.

Agar bisa menuju ke tengah danau Rawa Pening ini, pengunjung dapat menunggangi perahu motor yang dapat kita sewa dengan orang yang mempunyai layanan sewa perahu disekitaran danau. Situasi yang demikian indah bakal tampak waktu matahari tenggelam.

Alamat : Jl. Stasiun No. 1, Ambarawa, Jawa Tengah

3. Kampoeng Rawa 

Satu diantara obyek wisata keluarga di Ambarawa yang harus anda singgahi, yakni Kampoeng Rawa. Banyak wisatawan yang memiliki pendapat, bila bertandang ke Semarang sangat rugi bila tak berkunjung ke Kampoeng Rawa. Memanglah benar, pasalnya tempat ini menghidangkan panorama danau serta di atasnya ada tempat tinggal makan yang dapat kita datangi.

Menu-menu yang ada dirumah makan itu memanglah termasuk umum seperti tempat tinggal makan umumnya, tetapi situasi yang kita saksikan terang begitu tidak sama. Tempat tinggal makan ini dioperasikan oleh sekumpulan orang yang mempunyai profesi sebagai petani serta nelayan di Ambarawa. Mengenai sarana yang ada dalam Kampoeng Rawa di antarnaya seperti restoran apung, pendopo, pusat kerajinan dan tempat pemancingan.

Dari tempat ini, kita bisa lihat indahnya panorama Gunung Merbabu serta Telomoyo. Hal itu begitu komplit waktu kita rasakan sejuknya udara dingin di sekitaran Danau Rawa Pening.

Alamat : Jl. Lingkar Selatan KM 03, Ambarawa, Kab. Semarang, Indonesia

4. Objek Wisata Pemandian Muncul 

Bertandang ke obyek wisata yang mempunyai hawa sejuk serta panorama yang indah memanglah sangat mengasyikan. Namun ada satu tempat yg tidak kalah asik, yakni satu tempat wisata kolam renang dan pemandian air yang mempunyai rasa dingin yang khas.

Tempat ini sendiri ada di Dusun Nampak, Desa Rowoboni. Supaya hingga ditempat ini, pengunjung butuh meniti berjalanan sekitaran 9 km dari kota Salatiga. Apabila anda tengah ada di Ungaran, jadi bakal meniti jarak yang lebih jauh, yaitu sekitaran 25 km.

Banyak yang katakan kolam renang ini cukup unik. Memanglah benar, pasalnya panorama yang cukup aneh bakal tampak terang di basic kolam, yaitu sumber air pemandian. Janganlah heran bila waktu anda berenang bakal ada ikan-ikan kecil yang juga berenang di kedalaman air kolam. Uniknya lagi, air kolam renang di Pemandian Nampak ini tak dapat dikeringkan seperti kolam renang umumnya.

Walau banyak kekhasan serta keanehan, sumber air yang ada di kolam renang ini adalah sumber air dari alam yang juga bikin air ini begitu bersih. Bahkan juga pengunjung dapat lihat basic kolam dengan terang. Segarnya air kolam renang ditempat ini rasa-rasanya dapat bikin berlibur anda sekeluarga jadi lebih mengasyikkan bila bertandang ke obyek wisata air ini

Alamat : Dusun Nampak, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang

5. Museum Kereta Api Ambarawa 

Pada zaman dulu, Ambarawa adalah satu kota militer. Pada saat kolonial Belanda, Raja Willem I memberikan tugas anak buahnya untuk bikin satu stasuin di Ambarawa yang digunakan sebagai pengangkut tentara Belanda ke Semarang. Sesudah Belanda tak akan berkuasa seperti dahulu, tempat ini tak digunakan lagi sebagai pangakalan stasuin militer.

Pada th. 1976 silam, Gubernur Jawa Tengah yang bernama Soepardjo Roestam mengalih manfaatkan tempat ini jadi satu museum kereta api. Didalam museum kereta api ini, pengunjung bisa melihat-lihat koleksi lokomotif kereta api serta perlengkapan komunikasinya yang masih tetap begitu kuno.

Ditempat ini pengunjung dapat juga menaiki kereta wisata dengan rute Ambarawa-Bedono pp dan Ambarawa-Tuntang pp. Serta Kereta api rute Ambarawa-Bedono nanti bakal melalui rel bergerigi. Di Indonesia sendiri rel bergigi cuma dapat kita temui di Sawahlunto serta Ambarawa saja.

Alamat : Jl. Stasiun No. 1, Ambarawa, Jawa Tengah

6. Benteng Fort Willem I (Benteng Pendem Ambarawa) 

Terkecuali musem kereta api, tempat peninggalan histori yang tidak kalah menariknya yakni Benteng Fort Williem I atau yang di kenal dengan Benteng Pendem Ambarawa. Dulu, benteng ini jadikan sebagai kepentingan perang seperti benteng-benteng biasanya.

Mulai sejak th. 2003, benteng ini digunakan sebagai lapas. Bagian-bagian benteng di sekitar tempat ini bahkan juga jadikan sebagai rumah. Tetapi, kita tetaplah diperbolehkan untuk jalan mengelilingi benteng ini sekedar untuk berfoto serta melihat-lihat situasi tempo dahulu.

Alamat : Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

7. Pasar Bunga Bandungan 

Anda penggemar bunga? jadi sangat pas bila bertandang ke Pasar Bunga Bandungan. Bandungan sendiri yaitu daerah yang ada di kaki gunung Ungaran. Tidak heran bila situasi ditempat ini sangat dingin serta sejuk. Hebatnya lagi, anda dapat juga lihat indahnya situasi gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, serta yang lain.

Bila ke Bandungan, janganlah lupa untuk bertandang ke Pasar Bunga Bandungan. Pasar itu tepatnya berletak dekat dengan pasar tradisional Bandungan. Walau ukuran pasarnya tidaklah terlalu besar, tetapi untuk anda penggemar bunga rasa-rasanya dapat lihat bermacam type bunga yang indah serta cantik sangatlah senang.

Anda mesti datang ketempat ini dari jam 04 : 30 hingga sebelumnya jam 09 : 00 pagi. Karna diatas saat itu, pasar itu sudah bubar. Harga bunga-bunga yang ada di pasar itu tak semahal apa yang anda pikirkan.

Karna di Pasar Bunga Bandungan, semuanya bunga mempunyai harga yang murah serta segera dipotong dari petani setempat. Ada bermacam type bunga salah satunya seperti Dahlia, Lili, Mawar, yang di jual dengan harga yang murah. Walau murah, namun tak murahan.

Alamat : Jl. P. Diponegoro, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

8. Monumen Palagan Ambarawa 

Sesudah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, berlangsung satu pertempuran hebat di daerah Ambarawa, Pertempuran itu berjalan pada tanggal 12 Desember - 15 Desember 1945. Oleh orang-orang setempat, peristiwa itu di kenal dengan pertempuran Palagan Ambarawa.

Sebagai satu bentuk animo untuk kembali kenang pertempuran itu, dibuatlah satu Monumen besar dengan nama Palagan Ambarawa. Monumen ini sendiri adalah satu monumen populer di Ambarawa. Hal semacam itu dibuktikan dengan adanya banyak pengunjung yang berdatangan tiap-tiap waktunya.

Didalam bangunan monumen, ada banyak koleksi-koleksi yang berkaitan dengan pertempuran waktu itu, yakni seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia serta Jepang. Satu diantara koleksi yang paling menarik ketertarikan pengunjung untuk memandangnya yakni satu pesawat Mustang punya Belanda yang sukses ditembak serta jatuh ke Rawa Pening.

Alamat : Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

9. Gua Maria Kerep Ambarawa 

Bila tengah bertandang ke Semarang, sebaiknya berkunjung ke satu tempat wisata yang ada di Desa Kerep, Gua Maria Kerep Ambarawa namanya.

Terkecuali manfaatnya sebagai tempat beribadah, tempat religi ini bukan sekedar dikunjungi oleh umat katolik saja, tetapi umat yang lain seperti agama Kristen, Islam, Budha, Hindu dapat juga berkunjung ke tempat ini.

Didalam tempat ini ada satu patung memiliki ukuran besar bernama patung Maria Lourdes. Umumnya banyak umat Katolik bertandang serta berziarah ke Gua Maria ini pada hari Minggu. Jumlah pengunjung bahkan juga pernah meraih 8 ribu orang.

Alamat : Jl. Tentara Pelajar, Kerep. Kelurahan Panjang. Kecamatan Ambarawa, Jawa Tengah

Di Ambarawa, umumnya obyek wisata yang bakal anda temui yaitu tempat bersejarah. Yang di dalamnya diisi peninggalan histori yang butuh digali lebih dalam supaya menaikkan pengetahuan. Terkecuali tempat bersejarah, ada juga tempat rekreasi yang menghidangkan pesona alam yang indah khas Semarang.
Blogger
Disqus