Keindahan Gili Layar Yang Masih Perawan

Gili Layar serta Gili Rengit merupakan2 dari 12 Gili yang ada di Garis Pantai Sekotong Lombok barat.

Gili-Gili itu antaralain Gili Nanggu, Gili sudak, Gili tangkong, Gili kedis, Gili lontar, Gili genting, Gili poh, Gili gede, Gili rengit, Gili asahan, Gili layar, serta Gili Anyaran. Gili sendiri adalah sebutan untuk pulau kecil dalam Bhs Suku Sasaq Lombok.



Selama pengalaman menjelajahi Gili itu, menurut kedekatan serta bisa di jangkau /hari serta ada ketersediaan perahu nelayan utk menyeberang, kurang lebih dapat di kelompokkan ke dalam :

  • Gili Nanggu, sudak, tangkong serta kedis dalam seharian 
  • Gili Poh, Lontar serta Geting dalam seharian 
  • Gili Rengit, Asahan, Layar, Gede serta anyaran dalam seharian 

Lama perjalananpun paling lama 30 menit menuju Gili yang satu ke Gili yang lain di semasing pembagian zona rumpun Gili di pantai Sekotong. Artinya Dari Penyebrangan nelayan (pulau Lombok) ke Gili itu ditempuh dalam 30 menit. Setelah itu Dari Gili yang satu ke Gili yang lain cuma memerlukan saat 10-15 menit saja karna jarak yg berdekatan.

Keindahan Gili Layar makin komplit dipadukan dengan hamparan pasir putih selama pantainya. Pantai Gili Layar seolah-olah berkunjung ke pulau private. Tidak ada wisatawan lain terkecuali rombongan kami, Tim Lombok Backpacker. Bahkan juga saya juga tak temukan Turis yang umumnya ada nyaris di setiap pulau di Lombok.

Dibagian daratannya, terdapat banyak sapi yang dilepaskan oleh pemiliknya. Saya juga jalan ke pantai sisi barat pulau Gili Layar ini. saya lihat sebagian orang yang tengah duduk di Berunggak. Kelihatannya itu yaitu masyarakat pulau ini.

Sedang sebagian orang lagi memancing ikan di tepi laut dari Pantai Sisi Barat ini. pemancing itu diam berdiri membisu berendam di tepi laut. Beberapa pemancing itu seperti membiarkan baju basah dibagian pinggul ke bawah.

Untuk meraih Gili Layar kita dapat menyebrang dari penyebrangan umum di Desa Pelangan, di belakang SPBU Pelangan, di mana sekarang ini SPBU itu tidak sering di operasikan, karna supply BBM yg tidak sering.

Pelabuhan nelayan itu sejatinya yaitu pelabuhan menuju Gili Gede yang meruapakan lokasi pemukiman, sekolah serta masjid telah banyak di sana. Sehari-hari dari pagi sampai magrib perahu nelayan mondar mandir ke Gili Gede membawa sembako, umumnya dengan rupiah 10. 000 kita dapat ke Gili Gede.

Di depan Gili Gede, sekitaran 1 km terlihat Gili Layard an Gili Rengit, satu Gili tanpa ada penghuni, cuma ada sapid an hewan ternak yang lain dilewatkan hidup dari alam. Ke-2 Gili ini jadi Favorite sebagian kawan untuk snorkel ataupun free-diving.
Blogger
Disqus